Minggu, 11 September 2011

laporan penelitian tindakan kelas pkn smp

01/02/2009

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PKn

CONTOH KARYA TULIS ILMIAH (KTI) :

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PKn

PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BUDAYA DEMOKRASI

BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi paradigma pembelajaran di sekolah banyak mengalami perubahan, terutama dalam pelak-sanaan proses pembelajaran dari yang bersifat behavioristik menjadi kontruk-tifistik, dari berpusat pada guru (teahing centered) menuju berpusat pada siswa (student centered).
Konstruktivisme mengajarkan bahwa belajar adalah membangun pemahaman atau pengetahuan (constructing understanding or knowledge), yang dilakukan dengan cara mencocokkan fenomena, ide atau aktivitas yang baru dengan pengetahuan yang telah ada dan sudah pernah dipelajari. Konsekuensi dari konsep belajar seperti itu adalah siswa dengan sungguh-sungguh membangun konsep pribadi (mind concept) dalam sudut pandangan belajar bermakna dan bukan sekedar hafalan atau tiruan.
Peranan guru tidak semata-mata hanya memberikan ceramah yang sifatnya teksbook (book oriented) kepada siswa, melainkan guru harus mampu merangsang/memotivasi siswa agar mampu membangun pengetahuan dalam pikirannya. Cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan membangun jaring-jaring komunikasi dan interaksi belajar yang bermakna melalui pemberian informasi yang sangat bermakna dan relevan dengan kebutuhan siswa. Upaya guru tersebut dilakukan dengan cara memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-ide dan mengajak siswa untuk belajar menggunakan strategi-strategi mereka sendiri. Hal tersebut selaras dengan pendapat Gardner bahwa setiap anak secara potensial pasti berbakat tetapi ia mewujud dengan cara yang berbeda-beda. Implementasinya adalah setiap manusia memiliki gaya belajar yang unik, dan setiap manusia memiliki kekuatan sendiri dalam belajar. Dengan demikian peranan guru hanya terbatas pada pemberian rangsangan kepada siswa agar ia dapat mencapai tingkat tertinggi, namun harus diupayakan siswa sendiri yang mencapai tingkatan tertinggi itu dengan cara dan gayanya.
Terdapat anggapan umum bahwa Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang mudah sehingga tidak perlu dirisaukan kesanggupan siswa untuk menguasainya. Namun kenyataan tidak semua siswa menunjukkan hasil belajar yang memuaskan, dan belum mampu membangun sikap demokratis siswa dan berbagai sikap positif seorang warga negara. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian tindakan kelas diperoleh informasi bahwa pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP N 2 Ngadirojo menunjukkan kurangnya partisipasi siswa dalam belajar sehingga mutu hasil belajar kurang baik. Gambaran tersebut menujukkan adanya kesenjangan antara kondisi aktual yang dihadapi di kelas dengan kondisi optimal yang diharapkan.
Tabel 1.1. Kesenjangan kondisi aktual dan kondisi optimal

No Kondisi Aktual No Kondisi Optimal
1


2


3 Sebagian besar siswa (60%) belum mampu memahami konsep yang bersifat teoritis.
70% siswa kesulitan dalam menujukkan implementasi konsep teoritis dalam kehidupan.
Prestasi hasil belajar siswa yang tuntas 25 % (hasil tes awal) 1


2


3 Siswa sudah mampu memahami konsep yang bersifat teoritis.

Siswa mampu menunjukkan implementasi konsep teoritis dalam kehidupan.
Ketuntasan belajar siswa 100 % (hasil tes akhir)

Kesenjangan tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
1. Dari sudut pandang siswa
a. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi PKn yang bersifat teoritis.
b. Kurangnya kemampuan siswa merumuskan contoh-contoh implementasi konsep PKn dalam kehidupan.
c. Kurangnya persiapan/motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar rendah.
2. Dari sudut pandang guru
a. Belum optimalnya usaha yang dilakukan guru untuk membantu kesulitan belajar siswa.
b. Kurang kondusifnya metode mengajar yang digunakan guru untuk memotivasi belajar siswa di kelas.
Jika permasalahan tersebut di atas tidak segera dipecahkan akan memberikan dampak negatif terhadap kelancaran proses pembelajaran di kelas, seperti:
a. Kesulitan dalam menghidupkan suasana kelas, karena kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
b. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar PKn.
c. Prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn kurang memuaskan.
Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi pembelajaran di atas yakni dengan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan menggairahkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif, produktif dan konstruktiv dalam membangun pengetahuannya seiring dengan paradigma konstruktivistik. Alternatif tindakan yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran PKn menggunakan metode permainan ular tangga (snake and ledder).
Berdasarkan alternatif tindakan di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan tentang “Pembelajaran PKn menggunakan metode permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar budaya demokrasi”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
Bagaimanakah pembelajaran PKn menggunakan metode permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar budaya demokrasi?

C. Tujuan
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
Untuk mengetahui pembelajaran PKn menggunakan metode permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar budaya demokrasi.

D. Manfaat
Manfaat penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah
a. Memberikan informasi tentang kemampuan guru dalam memvariasikan
bentuk pelayanan kepada siswa dalam belajar.
b. Memberikan informasi tentang profil guru dan siswa dalam belajar.
c. Memperoleh metode pembelajaran yang memiliki keberpihakan
kepada siswa lebih dominan dibanding metode belajar yang lain.
2. Bagi Guru
a. Memberikan informasi kepada guru PKn mengenai situasi pembelajaran PKn.
b. Sebagai bahan evaluasi bagi guru PKn dalam usahanya untuk meningkatkan keberhasilan mengajar PKn.
c. Memberikan informasi kepada guru mengenai kesiapan dan daya kritis serta keberhasilan siswa dalam belajar.
3. Bagi Siswa
a. Sebagai uapaya untuk mengingkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari PKn.
b. Sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan siswa dalam berfikir kompleks.
c. Sebagai umpan balik terhadap keberhasilan belajar siswa.

E. Hipotesis Tindakan
Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
Pembelajaran PKn menggunakan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar budaya demokrasi.

.... dst.
(Selengkapnya hub. via SMS : 081913127080)

Comments

mohon petunjuk dan contoh ptk ysng lengkap kamo orang jauh di desa masih sangt info hal ini
Posted by: Muh.Dini | 01/25/2009
bagi donk file ptk pkn yang komplit ke emailku, semoga menjadi amal baik saudara
Posted by: Gupuh W | 01/27/2009
Mohon dikirim 1 contoh proposal PTK mapel PKn SMA. Maturnumun!
Posted by: M. Fathurohman, S. pD | 02/02/2009
Tolong dikirimkan contoh PTK MAPEL SMP, TKS
Posted by: koyong hendrik | 02/06/2009
mohon petunjuk dan contoh PTK khususnya mapel PKn SMP, karena kami orang jauh di desa belum tahu informasi yang lengkap. terimakasih ...........hidup indonesia!
Posted by: banny haruna | 02/19/2009
jadilah orang yang beramal selengkapnya. tolong dong kirim laporan ptk pkn yang lengkap. untuk saya jadikan referensi saja bos
Posted by: ali jennah | 02/22/2009
tolong dong ....kirim judul PTK melalui email ku, ma kacih!
Posted by: rosid | 02/23/2009
tolong kirimkan contoh PTK Pendidikan agama Islam 2 buah tambah bahasa Indonesia masing-masing untuk SMA Kelas X dan XI atas bantuannya saya ucapkan terimah kasih "tolong pilihkan pak yang bagus dan lengkap.
Nomor emailku uddin_11ia2@yahoo.co.id
Posted by: Drs.Zainuddin | 02/25/2009
Maaf bagaimana caranya ya...terus terang saja aku butuh contoh PTK PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BUDAYA DEMOKRASI. trimis
Posted by: Dodi Supandi | 03/15/2009
tlng aku dikirim contoh PTK PKnnya
Posted by: slamet | 04/11/2009
ada yang tanpa harus bayar 50 ribu gak..hehe yang GRATIS gitu
Posted by: wahyou | 04/14/2009
Kayaknya menarik tuh permainan ular tangga di bikin PTK,tolong kirim yang lengkap dong saya mau coba nih
Posted by: Youlee | 05/17/2009
ass...
tolong donk dikirimin PTK PKn yang lengkap ke email saya, hanya digunakan sebagai referensi saja kok...
Posted by: memey | 05/23/2009
aku butuh contoh PTK PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BUDAYA DEMOKRASI. trims, aku butuh sekarang juga
Posted by: fuji ayu | 05/27/2009
tolong donk kirim nya yang lengkap
Posted by: nanik pratiwi | 05/30/2009
saya menginginkan metode ular tangga motivasi belajar
Posted by: alga | 05/30/2009
ass wr. wb.

bisa minta tolong untuk menampilkan contoh PTK mapel PKn kelas I SMP yang berbasis inkuiri ?
terima kasih

wass. wr. wb.
Posted by: djoko hadi surjono | 06/02/2009
PLIZ
Posted by: DARMO | 06/02/2009
tolong dikirim ptk pkn untuk sma
Posted by: wakija | 06/03/2009
mohon dikirimkan PTK permainan ular tangga sebagai referensi tugas saya
Posted by: dani | 06/07/2009
sangat menarik laporan PTK nya, boleh minta kirim selengkapnya ke email ku? ditunggu kiriman lengkapnya n makasih banyak...
Posted by: lia | 06/08/2009
Mhn maaf gimana caranya menerapkan metode ular tangga pak,trusterang saya belum mengerti.minta tlg dong infonya ke email saya.trims
Posted by: Raffles,spd | 06/09/2009
Sayang niat amalnya tidak tulus ......................
Ptknya putus di jalan.
Posted by: Mr.Abdul | 06/18/2009
gmn cara liatnya dong?punya ptk tentang metode permainan ular tangga yang lainnya g?
Posted by: nawang | 06/23/2009
Maaf pak,sy blm begitu paham dg metode permainan ular tangga tsb,sy mohon bpk dpt mengirimkan cth metode tsb scr lengkap k almt email sy brkandri.jokam@yahoo.co.id.trims sblmnya
Posted by: Usnidar | 07/02/2009
"Selamat anda telah berhasil mendapatkan 50% harga tiket ke surga, 50% lagi bisa anda dapatkan dengan mengirimkan metode ular tangga ke email saya, trimakasih".
Posted by: ika | 07/11/2009
Saya minta bantuannya
tolong saya dikirini proposal penelitian judul ular tangga sebagai peninkatan motivasi dan prsetasi belaar,
saya tertarik metode ini
tolong kiri ke email saya
sari_chartica_84@yahoo.com
atau hub saya
081931731288
maya
terimakasih.
saya tunggu email saudara
Posted by: MAYA | 07/12/2009
mengingat saya sangat butuh untuk melaksanakan PTK di tempat kami mengajar, mohon saya dikirim proposal PTk Metode Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa. atas bantuan kami sampaikan banyak terima kasih.
Posted by: parsikun | 08/27/2009
Assalamualaikum Wr.Wb
Setelah membaca PTK yang anda buat saya tertarik untuk membuat PTK dengan model yang lain. oleh karena itu jika tidak keberatan saya mohon untuk dikirimkan proposal PTK atau contoh PTK yang lengkap sebagai salah bahan acuan saya untuk membuat penelitian lain. atas kesediaanya saya ucapkan banyak terimakasih. ini nomor email saya : ssukadi39@yahoo.com
Posted by: sukadi | 09/02/2009
Tolong dikirim PTK tentang Norma
Posted by: Eli | 09/21/2009
Apakah PTK tersebut bisa dilengkapi secara utuh, agar kami bisa mempelajari, apa yang dimaksud dengan metode permainan ular tangga tersebut
Posted by: Jejen Jaelani | 10/14/2009
Saya tertarik dengan judul PTK anda, tolong dikirim contoh proposal Pkn dengan metode ular tangga dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa tersebut. Terima kasih
Posted by: haerul | 11/03/2009
Pak Sukadi tolong minta diberikan literatur tentang PTK
Posted by: sutrisno,S.Pd | 11/03/2009
bentuk gambaranya seperti apa? dan yang membuat gambar itu siswa apa guru mohon informasinya, terimakasih
Posted by: setyawati | 11/12/2009
pa kalo bisa tolong saya minta hasil ptk buat bahan penengetahuan dan pembelajaran. makasih
Posted by: ade amir hamzah | 11/19/2009
maf,aq dikasih contok PTK yg dibuat saudara diats y?buat bahan membuat proposal...kirim ke email aq y?mksh
Posted by: MARHAMAH | 12/17/2009
maaf sebelumnya mb, dari sejak smstr 3 aku pingin buat skripsi tentang permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan emosi serta sosial anak autis tapi saya kesulitan mencari teori teori yang bisa mendukung
tolong saya di beri saran
terimakasih
Posted by: santi | 12/29/2009
assalamualaikum,wr.wb
saya sangat membutuhkan contoh PTK,saya minta tolong untuk dikirim contoh PTK tersebut ke alamat email saya.
terima kasih.
wasalamualaikum,wr.wb
Posted by: elis mulyasari rahayu | 01/14/2010
penting bangettt...bisa kirim ke email saya, srikusmiyarsih_xena@yahoo.co.id
Posted by: sri kusmiyarsih | 01/29/2010
Kalau bapak berkenan tolong dong aku dikirimi 2 judul ptk pkn lengkap. Trim banget
Posted by: Juwari | 02/03/2010
ass...
tolong donk dikirimin PTK PKn yang lengkap ke email saya, tahnks before!!
Posted by: lisa kurnia | 02/13/2010
Dengan hormat,

Mohon dikirimkan contoh PTK PKn yang lengkap dengan dasar teori Contectual Learning (CTL) tolong ya... tks
Posted by: koyong hendrik | 02/24/2010
saya sangat membutuhkan contoh PTK,saya minta tolong untuk dikirim contoh PTK tersebut ke alamat email saya.
Posted by: mukibbul | 02/24/2010
mohon dikirimkan PTK permainan ular tangga sebagai referensi tugas saya
Posted by: mukibbul | 02/24/2010
tlong krimn cntoh PTK plajaran pa z........ krimn ke email saya y

thank's................
Posted by: ary | 02/24/2010
tlong krimn cntoh PTK plajaran pa z........ krimn ke email saya y

thank's................
Posted by: ary | 02/24/2010
salam kenal, mohon ptknya yang lengkap untuk dicopy di email saya, terima kasih
Posted by: I Wayan Reta | 03/02/2010
tolong kirimkan PTK pkn untuk smp y pak.. thanks before
Posted by: Fadhli | 03/18/2010
mohon petunjuk dan contoh PTK khususnya mapel PKn SMP, karena kami orang jauh di desa belum tahu informasi yang lengkap. terimakasih,,,, tolong kirim ke alamat email saya lula.pratiwi@yahoo.com
Posted by: lula pratiwi | 03/21/2010
mohon petunjuk dan contoh PTK khususnya mapel PKn SMP, karena kami orang jauh di desa belum tahu informasi yang lengkap. terimakasih
Posted by: lula pratiwi | 03/21/2010
untuk judul yang sama.
hubungi :
email : arsyak@gmail.com
kebetulan saya lagi menyusun PTK permainan ular tangga
kontribusi murah hanya 100.000 (lengkap bab 1 s/d 5)
Posted by: arsyak | 03/24/2010
buat yang membuat laporan PTK PKN ini...tentang metode permainan ular tangga
saya copy paste (minta ijin) selebihnya saya susun sendiri dari bab 2 s.d 5. terima kasih sebelumnya.
Posted by: sandi_rasta | 03/24/2010
minta tolong kirimkan ya referensi media ular tangga. kalau ada buku mengenai ular tangga apa aja judulnya?? terimakasih, semoga saudara bisa membantu saya
Posted by: gusdek | 03/30/2010
kereeeennn...
duh
Posted by: sylvani | 04/12/2010
tolong diberikan conto PTK PKn SMP
Posted by: Patta Raden | 04/18/2010
Saat ini PTK akan dijadikan sebuah syarat kenaikan pangkat dari IIIa dan seterusnya. Jadi sangatlah penting bagi guru untuk mempelajari cara membuat PTK. Untuk itu saya mohon Bapak sudi memberikan contoh PTK secara lengkap lewat email saya. Semoga amal Bapak diterima oleh Allah SWT. Amin
Posted by: pudjiono sukoco | 04/27/2010
saya desy mahasiswi di Univ Negeri Jakarta,,wah...sebagai calon guru saya sangat penasaran dengan pembahasan anda. bisa tolong kirim versi lengkap tulisan ni ke email saya pak? kalo anda berkenan azkiya_ammatullah@yahoo.com.
segera y pak kalo bisa...makasi
Posted by: desy | 05/05/2010
ok, bagus, aku suka
Posted by: Romi | 05/17/2010
Saya punya PTK, hasil karya saya sendiri. Sudah dipresentasikan dalam event 5 besar guru berprestasi tingkat Kabupaten. Bagi sesama profesi yang membutuhkan bisa shearing dengan saya via email tersebut. Semoga bermanfaat.
Posted by: Tukono Projodikoro | 06/01/2010
pak, contoh PTK-nya kok tidak dilanjutkan? padahal saya butuh untuk membantu ibu saya yang seorang guru, untuk menyusun PTK. Tapi, terimakasih untuk contoh yang bapak berikan, walau masih belum secara keseluruhan =))
Posted by: citora | 06/13/2010
mohon kirim contoh PTK PKn secara lengkap ke email saya..saya sangat membutuhkannya..nuwun....
Posted by: siti | 07/22/2010
tolng kirim k email saya ..contoh PTK dengn menggunakan perminan ulr tnnga.karna saya sangat perlu sekali.terima kasih
Posted by: yulianingsih | 09/28/2010
tolong donk, krimin ptk pkn yg lengkap...
jd tdk stengah2 sperti di atas.
Posted by: dila | 10/20/2010
Jadi sangatlah penting bagi guru untuk mempelajari cara membuat PTK. Untuk itu saya mohon Bapak sudi memberikan contoh PTK secara lengkap lewat email saya. Semoga amal Bapak diterima oleh Allah SWT. Amin
Posted by: Muhammad Suyib | 10/25/2010
kayaknya menarik banget metodenya, saya minta dikirimin lengkap y, Tolong kirim ke email saya y octha_rya@yahoo.com sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Posted by: ria | 11/06/2010
Saya tertarik dengan PTK PKn. Bisa minta contoh PTK PKn yang sudah jadi ? Formatnya seperti apa ?
Ini e-mail saya, andriez80@yahoo.com
Semoga atas kebaikannya bisa menjadi pencerahan bagi saya, dan guru PKn pada umumnya.
Posted by: andri | 11/26/2010
saya tertarik dengan ptk pkn bapak.kalau bisah bapak kirimkan ptk yang lengkap di email saya
Posted by: aladin jamal | 12/05/2010
saya tertarik dengan ptk pkn bapak.kalau bisah bapak kirimkan ptk yang lengkap ke email saya dalam minggu ini
Posted by: HENI NURHOLIPAH | 01/01/2011
Ass., akhir.. saya mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Pandeglang, mohon bantuan saudara untuk mengirim ptk ini ke email saya... saya butuh untuk meningkatkan motivasi belajar lewat permainan serta meningkatkan apresiasif siswa. terimakasih sebelumnya. Cecep Syarifudin ini email saya :satria_pdg89@yahoo.co.id
Posted by: Cecep Syarifudin | 01/05/2011
Ass., akhi.. saya mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Pandeglang, mohon bantuan saudara untuk mengirim ptk ini ke email saya... saya butuh untuk meningkatkan motivasi belajar lewat permainan serta meningkatkan apresiasif siswa. terimakasih sebelumnya. Cecep Syarifudin ini email saya :satria_pdg89@yahoo.co.id
Posted by: Cecep Syarifudin | 01/05/2011
saya mnt tlg kelanjutan dr proposal ini saya sangat membutuhkan ,bisa lewat email saya:ika_dps@hotmail.com
Posted by: rizka | 01/16/2011
Ass. saya minta tlg selengkapnya proposal yang anda buat,saya sangat membutuhkannya, trima kasih sebelumnya, bisa kirim email k :linacantika80@yahoo.com
Posted by: lina | 01/18/2011
gmn caranya untukpesan PTK ke anda. Trimakasih
Posted by: dwi pujihandoko | 02/15/2011
Tolong dikirimkan contoh PTK PKn yang lengkap!!!!!Makasih sebelumnya ,,maaf pak butuh bangeut .......
Posted by: Dedi Mulyadi | 02/15/2011
kemarin anda berbohong,ktny kl transfer 50rb, anda akan kirim lwt email n CD, tnyata cd ny smpe skg dk sy terima.... awas penipuan..... anda telah menipu sy.... sy gk ikhlas... yuliati
Posted by: YULIATI | 03/08/2011
salam kenal saudaraq, walaupun kita tidak pernah bertemu. saudaraq dimanapun anda berada aku minta tolong kirimkan conth PTK PKN yang saudara punya ke alamt E-mailq. makasih saudaraq
Posted by: devi setiyawati | 03/31/2011
salam kenal saudaraq, walaupun kita tidak pernah bertemu. saudaraq dimanapun anda berada aku minta tolong kirimkan conth PTK PKN yang saudara punya ke alamt E-mailq. makasih saudaraq
Posted by: devi setiyawati | 03/31/2011
kirimkan contoh ptk pkn,trims
Posted by: abang alamsyah | 04/29/2011
mohon kirim ptk permainan ular tangga yang lengkap ke email saya, trimakasih sebelum nya.
Posted by: ibnu mahdi | 05/22/2011
mohon kirim ptk permainan ular tangga yang lengkap ke email saya, trimakasih sebelum nya.
Posted by: ibnu mahdi | 05/22/2011
tolong kirim ke email saya ya
segera
arvia_dwi@yahoo.com
Posted by: vikacu | 05/23/2011
salam kenal saya guru pkn smpn 1 medan ass.wr.wb. saudaraku teman sejawat,bagi-bagi dong ilmunya tentang metode ular tangga dalam pembelajaran pkn. saya tunggu ya di e-mail saya.
Posted by: siti zahara jamil | 05/25/2011
salam kenal saya guru pkn smpn 1 medan ass.wr.wb. saudaraku teman sejawat,bagi-bagi dong ilmunya tentang metode ular tangga dalam pembelajaran pkn. saya tunggu ya di e-mail saya: sjamil6@gmail.com
Posted by: siti zahara jamil | 05/25/2011
salam kenal saya guru pkn smpn 1 medan ass.wr.wb. saudaraku teman sejawat,bagi-bagi dong ilmunya tentang metode ular tangga dalam pembelajaran pkn. saya tunggu ya di e-mail saya: sjamil6@gmail.com
Posted by: siti zahara jamil | 05/25/2011
Salam kenal,,mohon dikirim via email contoh PTK PKn metode ular tangga ke email saya,,terima kasih sebelumnya
Posted by: Rahmi Pertiwi | 05/28/2011
ass.wr.wb.

Pa' boleh minta contoh ptk untuk smp mapel pkn selengkap nya.
karna saya sangat membutuhkan nya.

atas segala bantuan & pengorbanan nya saya mengucapkan trima kasih. smoga tuhan memberkahi anda selalu........amiin

saya tunggu email nya di email saya: redocool@rocketmail.com
Posted by: redo | 05/31/2011
ass.wr.wb.

Pa' boleh minta contoh ptk untuk smp mapel pkn selengkap nya.
karna saya sangat membutuhkan nya.

atas segala bantuan & pengorbanan nya saya mengucapkan trima kasih. smoga tuhan memberkahi anda selalu........amiin

saya tunggu email nya di email saya: redocool@rocketmail.com
Posted by: redo | 05/31/2011
ass.wr.wb.

Pa' boleh minta contoh ptk untuk smp mapel pkn selengkap nya.
karna saya sangat membutuhkan nya.

atas segala bantuan & pengorbanan nya saya mengucapkan trima kasih. smoga tuhan memberkahi anda selalu........amiin

saya tunggu email nya di email saya: redocool@rocketmail.com
Posted by: redo | 05/31/2011
ass.wr.wb.

Pa' boleh minta contoh ptk untuk smp mapel pkn selengkap nya.
karna saya sangat membutuhkan nya.

atas segala bantuan & pengorbanan nya saya mengucapkan trima kasih. smoga tuhan memberkahi anda selalu........amiin

saya tunggu email nya di email saya: redocool@rocketmail.com
Posted by: redo | 05/31/2011
Mohon contoh proposal ptk pkn sd klas 6, matur nuwun sanget.....
Posted by: Juwono | 06/01/2011
teman seprofesiku, skrg saya lagi PTK mohon doanya semoga sukses ya
nampaknya menarik juga ptkmu
Posted by: Lina | 06/02/2011
assalammu'alaikum. wr.wb

pak sangat tertarik dengan ptk permainan ular tangga . mohon kirim yang lengkap ke email saya, terimakasih sebelum nya.

Wassalammu'alaikum.
Posted by: Hambali, SP.d | 06/17/2011
Ass Wr. Wb. PAK tolong kirimi saya ptk permainan ular tangga dengan lengkap ke email saya agar saya dapat mempelajarinya dan bisa diterpkan dalam mengajar. Terima kasih sebelum dan sesudahnya, Wassalam.
Posted by: rosmiaty, spd | 06/21/2011
kirimi sya ptk yng lain untuk MTs N Piyungan Bantul.Oky good Luck Brow
Posted by: soeratmanta | 07/13/2011
Asslmlkum...klo brknan mhon skrnya untuk mngrimkn pnjlsan slngkpnya tntng Ptk trkait pnggnaan prmainn ular tngga.trmksh..wsslmlkum
Posted by: Alap Alap Nusantara | 08/05/2011
klo brknn,tlong kmi dksih pnjlsn lbh lnjut.trims
Posted by: Alap Alap Nusantara | 08/05/2011
syukur deh ada panduan sehingga guru bisa membuat sendiri kti. untuk itu kan perlu contoh yang bisa membimbing. jadi saya mohon kti permaian ular tangga ini bisa selengkapnya dikiririm ke email saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trima kasih....
Posted by: rosmiaty, sp.d | 08/11/2011
KIRIM SAYA PTK SMP UNTUK REFERENSI
Posted by: SOERATMANTA | 08/12/2011
minta file yang lengkap dong untuk referensi.thank's
Posted by: sutrisno | 08/17/2011
ss Wr. Wb. PAK tolong kirimi saya ptk pkn sma, permainan ular tangga dengan lengkap ke email saya agar saya dapat mempelajarinya dan bisa diterpkan dalam mengajar. mohon, bantnya.makaci ya, pak,matur nuwun
Posted by: sarlin | 08/19/2011
mohon dgn sangat dikirim lanjutan hipotesis tindakan ptk metode permainan ular tangga,sbg referensi saya dalam penulisan karya ilmiah,trimakasih banyak
Posted by: sumarsih | 08/27/2011
Gimana agar bisa men-download contoh PTK, makasih
Posted by: Karya Brantasmala | 09/01/2011
PTK yang Bapak buat sangat menginspirasi para guru utk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pak, saya mohon dikirimi PTK Pkn melalui ular tangga!
Posted by: edi pujianto | 09/09/2011

Post a comment

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar