SUKSES SELALU
NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY…JANGAN LUPA BERDOA.
HARGA BLOG INI
TIPS MENJAGA ANAK DARI BAHAYA INTERNET
BUKU BSE
KARYA TULIS
MARI BELAJAR
KOMISI 1
KOMISI 2
SUKSES
SUKSES SEBAIKNYA JANGAN DIUKUR BERDASARKAN KEKAYAAN, KUASA ATAU KEMASYHURAN, TETAPI DENGAN PERBANDINGAN BERIKUT : SEPERTI APA KITA SEKARANG DAN AKAN SEPERTI APA KITA KELAK.AGENDA
1. PORSENI GURU KALIMANTAN BARAT, tgl 8 s.d. 12 SEPT. 2011 bertempat di LPMP KALIMANTAN BARAT
2. PEMBEKALAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH TGL 9 s.d. 12 SEPT. 2011 bertempat di LPMP KALIMANTAN BARAT.Arsip
Komentar Terakhir
warino eko onCONTOH LAPORAN PTS KEPSEK Drs. Tarjono, S.Kom.… onKONSEP PENELITIAN TINDAKAN… edy priyanto onTentang Saya SUTRISNO onCONTOH LAPORAN PTS KEPSEK Sabdo, S.Pd. onCONTOH LAPORAN PTS KEPSEK muhamad onCONTOH LAPORAN PENELITIAN TIND… latif zaed onKONSEP PENELITIAN TINDAKAN… agus jokowiyopno on CONTOH LAPORAN PENELITIAN TIND… Tulisan Teratas
- CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
- EVALUASI DIRI SEKOLAH
- CONTOH LAPORAN PTS KEPSEK
- PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
- PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI PENGAWAS SEKOLAH
- GAMES DINAMIKA KELOMPOK
- DOWNLOAD
- DOWNLOAD BSE SMK
- PERMENPAN DAN REFORMASI BIROKRASI TTG JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA
- DESAIN PENELITIAN KUALITATIF
Klik tertinggi
Halaman
Komentar Misterius
Blogroll
Tulisan Terakhir
TELEVISI
Album Photo
More Photos
Selamat Datang..
Jeperis Nahampun adalah pemilik blog ini. Jeperis Putra Napahorsik dan Pakkat berdomisili di Pontianak. Jeperis mengundang pembaca membaca blog ini, memberi saran dan kritik demi kemajuan kita bersama. Jika ada masalah kirimkan ke email : jep_lpmpkalbar@yahoo.co.idJeperis Nahampun's Profile
Create Your BadgePengunjung Harian
Peta Pengunjung
TOTAL PENGUNJUNG
- 242,803 orang
Link Penting
Sekolah di Kalbar
e-book Cerita Anak
e-book
Tamu
1. Kweklina
2. Anto
3. Rudy Hilkya
4. Ardiani
5. S. Nainggolan
6. Freddy Hernawan
7. Sukirno
8. Kusmoro
9. Nikson Sitohang
10.Accan
11.Fahmi Rizwansyah
12.Hendra Gunawan
13.Yudi Akuntan
14.Mr. Bin
15.Ratna
16.Harry Simbolon
17.Zoehrie
18.Diana Sari
19.Ompundaru
20.o Pie
21. Leonard Mangunsong
22. Suprapta
23.Konni Wildian
24. Dyah Purwati
25. Jeperis Nahampun
26. Adi
27.Muhammad Daffa
28. ToT Pengawas Sekolah
29. H. Indra Kusumah_Pengawas
30. Irfan MarindraKategori
- Artikel (26)
- Berita (23)
- BOS (1)
- BSE (1)
- E-book (1)
- Fisika (3)
- Info Penting (16)
- Jadwal UN (2)
- Komisi Gratis (1)
- Karya Tulis Ilmiah (6)
- Kegiatan WI (13)
- Hari guru (1)
- KKG-MGMP (6)
- KTSP (4)
- Manajemen Berbasis Sekolah (2)
- Mutu Pendidikan (6)
- Pembelajaran Orang Dewasa (1)
- Pendidikan Non Formal(1)
- Penelitian Tindakan Kelas (2)
- Penelitian Tindakan Sekolah (5)
- Pengawas Sekolah (2)
- Pribadi (4)
- Produk Hukum (2)
- Renungan (2)
- Sosial (1)
- Sukses (15)
- Uncategorized (24)
Berlangganan
Awan Tag
Add new tagAPBN Artikel Barak Obama BeasiswaBiodata Trainer BOS BSEBSE SMK Cap Go MehCPNS do Fisika gajiGuru Jadwal Imlek 2009Kegiatan WI Kenapa ya? kepala sekolahKKG Komisi GratisKomite SekolahLaskar Pelangi Lesson Study LingkunganMama Melamin Pawai naga Penelitian KualitatifPenelitian Tindakan Sekolah planPontianak PP No.78 thn 2008 PP tentang GuruPrinsip BelajarRenungan see Sejarah Kalimantan Barat SNPSosial Budaya Standar Nasional PendidikanSukses Tahun Baru Ujian nasionalUNMeta
Arsip untuk ‘Penelitian Tindakan Sekolah’ Kategori
CONTOH PTS TENTANG RPP
Posted by jeperis pada 7 Oktober, 2010
(Jika menginginkan laporan lengkapnya silahkan kirim biodata, dan email ke email : jep_lpmpkalbar@yahoo.co.id, info yang tidak ke email mohon maaf tidak ditanggapi)
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH BINAAN (SWASTA) KABUPATEN ……. TAHUN 2010
Oleh
IWAN (Pengawas SMP)
(PTS ini bisa dimodifikasi menjadi PTS Kepala Sekolah)
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia dan dipandang sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ingin maju. Komponen-komponen sistem pendidikan yang mencakup sumber daya manusia dapat digolongkan menjadi dua yaitu: tenaga kependidikan guru dan nonguru . Menurut Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan, ”komponen-komponen sistem pendidikan yang bersifat sumber daya manusia dapat digolongkan menjadi tenaga pendidik dan pengelola satuan pendidikan ( penilik, pengawas, peneliti dan pengembang pendidikan ).” Tenaga gurulah yang mendapatkan perhatian lebih banyak di antara komponen-komponen sistem pendidikan. Besarnya perhatian terhadap guru antara lain dapat dilihat dari banyaknya kebijakan khusus seperti kenaikan tunjangan fungsional guru dan sertifikasi guru.
Usaha-usaha untuk mempersiapkan guru menjadi profesional telah banyak dilakukan. Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua guru memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya. “Hal itu ditunjukkan dengan kenyataan (1) guru sering mengeluh kurikulum yang berubah-ubah, (2) guru sering mengeluhkan kurikulum yang syarat dengan beban, (3) seringnya siswa mengeluh dengan cara mengajar guru yang kurang menarik, (4) masih belum dapat dijaminnya kualitas pendidikan sebagai mana mestinya” (Imron, 2000:5).
(Jika menginginkan laporan lengkapnya silahkan kirim biodata, dan email ke email : jep_lpmpkalbar@yahoo.co.id, info yang tidak ke email mohon maaf tidak ditanggapi)
Ditulis dalam Penelitian Tindakan Sekolah, Pengawas Sekolah | Bertanda: Pengawas Sekolah, PTS tentang RPP | 126 Komentar »
KONSEP PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
Posted by jeperis pada 4 Oktober, 2010
A. Pengantar
Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan pengelolaan sekolah, kepala sekolah dapat melakukan PTS sekaligus sebagai sarana pengembangan profesinya (Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru), PTS merupakan penelitian yang berawal dari permasalahan sekolah, diselesaikan melalui tindakan spesifik dari gagasan peneliti untuk menyelesaikan permasalahan sekolah. Dengan demikian, yang pertama harus ada dalam penelitian PTS bukanlah diawali dengan membuat judul tetapi diawali dengan menemukan adanya masalah dan tantangan-tantangan untuk melakukan pembaruan atau inovasi.
Masalah-masalah yang akan dirumuskan adalah masalah-masalah aktual yang penting dan mendesak. Jika masalah-masalah itu tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap sekolah. Oleh karena itu, diperlukan tindakan spesifik yang diyakini benar-benar dapat mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain berangkat dari permasalahan, PTS juga dapat dilakukan untuk melaksanakan suatu pembaruan ataupun inovasi dalam berbagai aspek sekolah. Misalnya manajemen perubahan, inovasi pembelajaran, pengembangan kultur baru di sekolah, dan inovasi kepemimpinan pembelajaran.
Saat ini, penelitian paling banyak dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah adalah PTS. Penelitian tindakan yang dilakukan guru disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di sekolah. Sedangkan PTK bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran di kelas.
Ditulis dalam Karya Tulis Ilmiah, Mutu Pendidikan, Penelitian Tindakan Sekolah | Bertanda: Konsep PTS, Penelitian Tindakan Sekolah | 33 Komentar »
CONTOH LAPORAN PTS KEPSEK
Posted by jeperis pada 30 September, 2010
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
UPAYA PENINGKATAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI SUPERVISI KELAS PADA SD NEGERI 68 SANGGAU
OLEH
YOHANES, S.Pd
NIP. 196001011999111019
CABANG DINAS DIKPORA KAPUAS, SANGGAU
KALIMANTAN BARAT
2010
(Jika menginginkan laporan lengkapnya kirimkan biodata:nama/kepsek atau pengawas dan email ke alamat : jep_lpmpkalbar@yahoo.co.id)
Info yang tak jelas tidak ditanggapi, mohon maaf.
Ditulis dalam Karya Tulis Ilmiah, Mutu Pendidikan, Penelitian Tindakan Sekolah | Bertanda: Contoh PTS, Penelitian Tindakan Sekolah | 199 Komentar »
CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
Posted by jeperis pada 11 September, 2010
(Jika menginginkan laporan lengkapnya, silahkan kirim biodata, ke email : jep_lpmpkalbar@yahoo.co.id. Mohon maaf info yang tidak jelas dan tidak ke email tidak ditanggapi)
UPAYA PENINGKATAN MUTU PROGRAM KERJA KEPALA SD NEGERI 5 SINGKAWANG BARAT MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH.
Oleh : Hanafi
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Lampiran
Ringkasan
BAB I Pendahuluan
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Manfaat Hasil Penelitian
BAB II Kajian Pustaka
- Mutu
- Program Krja
- Kepala SEkolah
- Supervisi Administrasi Kepala SEkolah
BAB III Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
- Setting Penelitian (Faktor yang diteliti)
- Pelaksanaan Kegiatan (Pelaksanaan Penelitian)
- Kegiatan Pra Siklus
- Kegiatan Persiapan Penelitian
- Kegiatn Siklus I
- Kegiatan Siklus II
BAB IV Pembahasan
- Kegiatn Pra siklus
- Kegiatan Siklus I
- Kegiatan Siklus II
BAB V Simpulan Dan Saran
- Simpulan
- Saran
Daftar Isi
Abstrak:
Permasalahan sekitar rendahnya mutu penyelenggaraan pendidikan di SDN Kota Singkawang selama ini pada dasarnya bermuara pada lemahnya pengelolaan, pengorganisasian dan pengembangan institusi. Upaya peningkatan mutu penndidikan persekolahan harus lebi dititikberatkan kepada peningkatan mutu sumber daya manusia. Dalam konteks ini, Program peningkatan mutu kinerja kepala sekolah sangat relevan dan sangat strategis, mengingat fungsi dan perannya sebagai pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan di tingkat operasional.
Sebagai pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan, kinerja kepala sekolah akan memberikan dampak yang positif atau negative terhadap aspek-aspek sistemik yang terkait dengan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Asumsinya adalah bahwa mutu kinerja kepala sekolah akan berpengaruh terhadap mutu kinerja guru dan warga sekolah lainnya. Salah satu aspek penting dari mutu kinerja kepala sekolah adalah pengelolaan manjamen sekolah. Sebagai seorang manajerial, kepala sekolah dihadapkan kepada banyak tugas yang menuntut tanggung jawab yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaannya.
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SD N 5 Singkawang Barat dan masalah yang diteliti adalah Mutu Program Kerja Kepala Sekolah pada bidang manajerial khususnya pada penyusunan program kerja tahunan kepaa sekolah melalui Supervisi Administrasi Kepala sekolah yang ditindaklanjuti dengan pembimbingan dan pembinaan secara langsung dan berkesinambungan.
Dalam Pelaksanaan PTS ini prosedurnya adalah mensupervisi dan menganalisa administrasi kepala sekolah, memberikan bimbingan teknis tentang analisis SWOT dan cara-cara penyusunan program kerja tahunan dan membimbing langsung pembuatan anaaisis SWOT dan penyusunan program kerja tahunan kepala sekolah.
Kata kunci : peningkatan mutu, administrasi, supervise, program kerja.
Jika menginginkan laporan lengkapnya kirimkan pesan lewat email :jep_lpmpkalbar@yahoo.co.id
Ditulis dalam Penelitian Tindakan Sekolah | Bertanda: laporan PTS, Penelitian Tindakan Sekolah | 286 Komentar »
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI PENGAWAS SEKOLAH
Posted by jeperis pada 23 Maret, 2009
A. Pengantar
Ada enam dimensi kompetensi pengawas satuan pendidikan yang telah disyahkan oleh BSNP dengan Peraturan Menteri No. 12 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pengawas. Ke enam dimensi kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian, kompetensi social, kompetensi supervise manajerial, kompetensi supervise akademik, kompetensi evaluasi pendidikan dan kompetensi penelitian pengembangan.
Pada bulan November tahun 2006 bersamaan dengan uji publik standar kualifikasi dan kompetensi pengawas satuan pendidikan yang dilaksanakan BSNP di 33 propinsi, Direktorat Tenaga kependidikan melaksanakan uji coba tes kompetensi pengawas pendidikan menengah dengan mengunakan instrumen uji kompetensi yang telah disusun berdasarkan enam dimensi kompetensi di atas. Hasil uji coba tes kompetensi pengawas satuan pendidikan menunjukkan bahwa secara nasional nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengawas satuan pendidikan adalah 39,55 dari maksimum skor 70 atau baru mencapai 56,50 %. Penguasaan kompetensi tersebut dinilai masih rendah sebab belum mencapai 69 %. Khusus untuk pengawas pendidikan menengah nilai rata-ratanya mencapai 39,74 artinya sedikit berada di atas rata-rata nasional (39,74 > 39,55).
Dari enam dimensi kompetensi pengawas satuan pendidikan, ada tiga dimensi kompetensi yang nilainya di bawah nilai rata-rata keseluruhan kompetensi. Ketiga kompetensi tersebut adalah kompetensi supervisi manajerial (37,18), kompetensi supervisi akademik (36,30) dan kompetensi penelitian dan pengembangan (38,15). Baca entri selengkapnya »
Tidak ada komentar:
Posting Komentar